Syndrome Sleep Apnea, Atasi Dengan Alat CPAP

Continuous Positive Air Way Pressure atau orang lebih banyak menyebutnya dengan singkatan CPAP adalah sebuah alat kesehatan untuk gangguan pernapasan pada penderita sleep apnea dan juga digunakan untuk bayi prematur yang mengalami permasalahan pada paru – paru nya.

Penggunaan cpap untuk sleep apnea juga tidak sulit, dan alat ini banyak ditemukan di toko alat kesehatan yang jual cpap dengan banyak model dan jenis.

Bagi anda yang membutuhkan informasi harga alat cpap atau tentang sleep apnea ? silahkan lanjutkan membaca !

Mengenal Sleep Apnea

Gangguan pernapasan ada banyak sekali macam nya, salah satu yang cukup langka adalah syndrome sleep apnea ?

syndrome_sleep_apnea

Yaitu gangguan pernapasan yang terjadi ketika seseorang sedang tertidur. Hal ini terjadi karena saluran pernapasan mengalami penyempitan sehingga aliran napas terganggu. Penyempitan tersebut terjadi karena adanya gangguan tertentu.

Ketika orang tertidur, terjadi relaksasi atau pengenduran pada otot dinding tenggorokan. Hal ini tidak menimbulkan permasalahan bagi orang normal. Namun pada penderita syndrome sleep apnea dinding tenggorokan bisa terlalu rileks hingga mempersempit saluran pernapasan hingga menutupnya.

Akibatnya penderita sleep apnea sering terbangun di malam hari dengan napas terengah – engah. Salah satu ciri gangguan sleep apnea adalah mendengkur ketika tertidur, namun ini bukan harga mati, artinya tidak semua orang yang mendengkur ketika tertidur mereka memiliki sleep apnea.

Lalu apa hubungannya dengan CPAP ?

Syndrome sleep apnea dapat diatasi dengan dua cara, yaitu pembedahan dan penggunaan alat bantu. CPAP adalah alat bantu yang digunakan untuk mengatasi penyakit ini.

Cara kerjanya adalah dengan mengalirkan udara bertekanan melalui mulut atau hidung sehingga saluran udara tetap terbuka.

CPAP dialirkan dengan menggunakan masker hidung atau masker mulut yang dipakai menjelang tidur. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan alat ini adalah pengaturan tekanan.

Lebih baik konsultasikan penyakit anda dengan dokter untuk mengetahui bagaimana kondisi penyakit anda dan alat cpap apa yang cocok untuk anda. Urusan membeli, anda tidak perlu repot karena, toko alat kesehatan banyak jual cpap dengan berbagai jenis.

Tekanan udara dan penggunaan alat yang tepat akan membuat penyakit anda mudah diatasi.

Alat CPAP juga digunakan di rumah sakit untuk penanganan bayi prematur. Kondisi bayi prematur dengan gangguan paru – paru belum berkembang dapat dibantu dengan mengalirkan tekanan udara positive untuk membuat paru – paru berkembang.

Tips Membeli CPAP

Bagi anda yang mengalami gangguan sleep apnea dan membutuhkan alat cpap untuk mengatasinya, alangkah baiknya anda baca tips berikut ini.

  • Belilah cpap yang sesuai dengan konsisi penyakit anda
  • Konsultasikan kepada dokter untuk pengaturan tekanan udara yang pas untuk anda terlebih dahulu
  • Belilan alat CPAP di distributor alat kesehatan terpercaya
  • Pastikan anda membeli alat cpap yang berkualitas dan bergaransi

Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan untuk anda. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Sampai jumpa di kesempatan lainnya. Sekian dan terimakasih.


Leave a Reply