Tips Wisata Raja Ampat Bagi Pemula yang Perlu Diketahui

Pesona Raja Ampat telah membius jutaan traveler baik lokal maupun mancanegara. Menjadi tempat terbaik untuk menyelam dan memiliki spesies terumbu karang terbanyak, oleh karena itu tidak  salah untuk memasukan Raja Ampat dalam daftar destinasi wisata Anda. Sebelum melakukan perjalanan lebih baik Anda mengetahui tips wisata Raja Ampat bagi pemula karena wisata ke Raja Ampat memiliki beberapa kesulitan tersendiri. Tantangan bagi Anda yang ingin ke sana adalah biaya yang dikeluarkan tergolong mahal dibandingkan dengan wisata ke daerah lokal lainnya. Sebagai informasi tambahan berikut adalah beberapa tips wisata raja ampat yang perlu diketahui bagi pemula.

Tips Wisata Raja Ampat Bagi Pemula
1.    Menghemat biaya
Wisata Raja Ampat merupakan wisata eksklusif karena biaya yang dikeluarkan untuk melakukan wisata kesana cukup mahal sehingga Anda disarankan untuk melakukan perjalanan secara berkelompok atau rombongan 4-6 orang. Carilah tiket promo pesawat jauh-jauh hari agar bisa lebih hemat.  Anda juga bisa lebih hemat jika bersedia menggunakan kapal yang waktu tempuhnya bisa berhari-hari bahkan satu minggu. Tempat menginap pilihan yang tidak mahal Anda dapat memilih homestay atau rumah penduduk.

2.    Menentukan waktu perjalanan
Melakukan penerbangan malam agar Anda bisa sampai di Sorong pagi hari sehingga ada waktu untuk Anda istirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju Waisai yang merupakan gerbang raja Ampat. Transportasinya adalah perahu yang biasa berangkat pukul 14.00 WIT. Tips wisata Raja Ampat bagi pemula ini penting agar Anda tidak ketinggalan karena kapal ini akan segera berangkat jika sudah penuh walaupun belum pukul 14.00 WIT. Wisata di laut tentu tidak terlepas dari cuaca, jika datang pada bulan yang salah kegiatan wisata Anda akan mengalami penundaan. Sekitar awal bulan Juni sampai bulan September laut sekitar Raja Ampat akan menggila karena adanya musim angin selatan sehingga Anda perlu menghindari untuk berangkat pada bulan ini.

3.    Membayar retribusi
Salah satu tips wisata Raja Ampat bagi pemula yang perlu diingat adalah  membayar uang retribusi untuk mendapatkan tanda masuk yang resmi. Hal ini wajib dilakukan mengingat kawasan ini merupakan kawasan konservasi. Uang retribusi yang dibayarkan tentu akan digunakan untuk menjaga kelestarian alam Raja Ampat agar tetap terjaga dengan baik.  Setelah mendapatkan tanda masuk barulah traveler diperbolehkan untuk memasuki kawasan wisata Raja Ampat. Selanjutnya Anda melakukan perjalanan ke Wayag ikon dari wisata Raja Ampat.

4.    Perbekalan yang benar
Hal lain yang perlu diingat adalah Anda disarankan untuk menyediakan uang tunai yang cukup karena di sana jumlah ATM sangat terbatas. Sediakan pula keperluan pribadi Anda yang mungkin akan sulit untuk dibeli di sana.

Itulah beberapa tips wisata Raja Ampat bagi pemula. Anda dapat memulai perencanaan untuk berwisata ke sana.


Leave a Reply