Wisata di Kabupaten Toraja Utara Berpusat di Desa KeteKesu

Berwisata ke Tana Toraja belum lengkap rasanya jika Anda belum mengunjungi Desa KeteKesu. Desa yang menjadi pusat wisata di Kabupaten Toraja Utara ini memang sudah lama dijadikan sebagai tujuan berlibur para wisatawan karena selain memiliki keindahan alam yang memukau juga menyimpan kekayaan budaya yang mengagumkan travel tana toraja. Jika Anda ingin mengetahui apa sajakah yang dapat Anda temui saat mengunjungi Desa KeteKesu, maka Anda perlu menyimak ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Desa yang terletak wilayah tenggara Ratenpao ini merupakan daerah yang memiliki kontur cukup unik, yaitu memadukan antara daerah persawahan dengan tebing-tebing tinggi. Di daerah persawahan Anda akan menemui kompleks perumahan yang biasa dikenal dengan nama Tongkonan. Kompleks ini tidak seperti perumahan pada umumnya yang diisi oleh sejumlah penduduk, melainkan merupakan perumahan yang digunakan untuk tempat penyimpanan sementara jenazah sebelum nantinya dimakamkan. Cukup unik bukan?

Keunikan yang ditawarkan oleh wisata di Kabupaten Toraja Utara tidak hanya terbatas pada keberadaan Tongkonan, tetapi juga dapat Anda temui pada bagian tebing-tebing yang berada di Desa KeteKesu ini. Tidak seperti kebanyakan tebing lainnya, di desa ini tebing-tebing yang ada dipilih sebagai tempat untuk memakamkan jenazah masyarakat Toraja. Bentuk makamnya pun bermacam-macam, mulai dari makam bentuk perahu yang berada di bagian paling tinggi tebing, makam dengan jeruji, hingga makam yang diukir menyerupai kerbau dan babi.

Masing-masing bentuk makam tersebut memiliki nilai filosofis khusus, seperti makam bentuk perahu yang berada di bagian paling tinggi tebing diyakini dapat mengantarkan jenazah lebih cepat menuju surga. Sedangkan makam dengan jeruji dimaksudkan untuk melindungi jenazah yang dikubur bersama hartanya agar tidak dijarah. Terakhir, makam dengan ukiran menyerupai kerbau khususnya bagi jenazah laki-laki dan makam dengan ukiran babi untuk jenazah wanita. Selain dipenuhi berbagai bentuk makam yang tidak biasa, di tebing-tebing ini Anda juga akan menjumpai banyak sesaji yang diberikan kepada leluhur sesuai dengan kegemarannya selama hidup.Setelah mengetahui apa sajakah pesona yang dimiliki oleh Desa KeteKesu ini pastinya Anda sudah tidak sabar untuk mengunjungi wisata di Kabupaten Toraja Utara bukan?


Leave a Reply