3 Cara Ternak Ayam Petelur bagi Bisnis Pemula

Ayam adalah salah satu usaha budidaya hewan yang sangat menjanjikan. Semakin hari kebutuhan akan telur ayam akan semakin banyak, hal tersebut karena telur merupakan sumber protein hewani yang bisa di manfaatkan untuk berbagai macam jenis makanan. Telur bisa dimakan langsung, dijadikan bahan campuran jamu, kue, atau bahan jadi lain, seperti roti dsb. Dalam beternak ayam petelur, ada hal yang wajib diperhatikan, terlebih lagi untuk para bisnis pemula, yang baru memulai bisnis ternak sebagai langkah awal usahanya. Berikut ini adalah cara ternak ayam petelur khusus untuk bisnis pemula.

1. Pilihlah bibit ayam dari induk yang bagus

ayam di dalam kandang
ayam ternak

Ternak ayam petelur juga membutuhkan bibit induk yang bagus dan sehat. Bibit ayam adalah hal yang paling penting yang harus diperhatikan. Ayam yang tidak terserang virus penyakit tentu akan menghasilkan telur yang bagus untuk dijadikan sebagai konsumsi pemenuhan kebutuhan hewani Anda. Cara memastikan apakah ayam sehat bisa dilihat dari mata atau kondisi fisik ayam tersebut.

2. Perhatikan jerami untuk media telur

Dalam tata cara ternak ayam petelur, jerami adalah hal yang menjadi media wajib. Jerami bisa merupakan sisa-sisa batang padi yang sudah dibuat menyerupai sangkar, tujuannya adalah agar telur tidak langsung bersentuhan dengan bahan kandang yang cenderung keras, sehingga telur tidak mudah pecah.

3. Tempat pemasaran yang berada di lokasi strategis

Ternak ayam petelur tentu yang menjadi daya jual utama dalah telurnya. Untuk ayam petelur, sesuaikan kondisi tempat Anda tinggal. Jika Anda tinggal di kota, pilihlah lokasi strategis yang mudah dijangkau. Berbeda jika Anda tinggal di desa, pilihlah lokasi yang berdekatan dengan pasar, karena hal itu akan membuat mudah Anda menemui konsumen dan pembeli. Selain memudahkan untuk bertemu dengan para pelanggan, hal tersebut juga akan memudahkan proses transaksi dan penjualan ke pasar. Jarak yang dekat dengan pasar akan membuat baik prospek pemasaran telur.

Itulah beberapa cara ternak ayam petelur baik yang ada di daerah perkotaan atau desa. Dengan mempertimbangkan berbagai hal penting diatas, maka bisnis pun akan berjalan dengan baik.


Leave a Reply