Kemegahan Istana Ratu Boko

istana ratu bokoIstana Ratu Boko termasuk salah satu tempat wisata yang banyak pengunjungnya. Istana Ratu Boko ini merupakan bangunan megah yang dibangun pada saat pemerintahan Rakai Panangkaran,keturunan Wangsa Syailendra. Pada awalnya, istana ini bernama Abhayagiri Vihara yang artinya biara di bukit yang penuh kedamaian. Istana ini dibuat sebagai tempat untuk orang-orang yang mau menyepi dan lebih memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Ketika berada di istana ini kamu bisa merasakan adanya kedamaian di dalam diri. Kamu juga bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan yang indah.

Istana Ratu Boko terletak 196 meter diatas permukaan laut dengan luas istana 250.000 m2 yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu tengah, barat,timur dan tenggara. Di bagian tengah istana kamu bisa melihat bangunan seperti gapura utama, kolam, lapangan, Candi Pembakaran , batu berumpak dan juga Paseban. Pada bagian tenggara , kamu bisa melihat balai-bali, Pendopo,  3 candi kolam , Stupa Budha, Kompleks Gua dan Keputren. Pada bagian barat istana kamu bisa melihat kolam dan pada bagian timur istana hanya perbukitan saja yang bisa kamu lihat.

Ketika kamu akan masuk dari pintu gerbang istana, kamu akan langsung menuju ke bagian tengah dan melihat ada dua buah gapura tinggi yang sangat indah. Gapura yang pertama memiliki 3 pintu sedangkan gapura yang kedua memiliki 5 pintu. Kamu juga akan melihat candi dengan bahan dasar batu putih atau yang biasa disebut Candi Batu Putih. Dari situ juga kamu akan melihat ada candi yang berbentuk bujur sangkar yang biasa disebut Candi Pembakaran. Sesuai dengan namanya, Candi Pembakaran ini digunakan untuk pembakaran jenazah.  Selain dari kedua candi, kamu juga bisa melihat batu berumpak dan kolam setelah kamu berjalan kurang lebih 10 meter dari Candi Pembakaran. Bila kamu berjalan kea rah tenggara kamu akan menemui sumur yang penuh misteri. Sumur ini diberi nama Amerta Mantana yang artinya air suci yang diberikan mantra. Menurut masyarajat, sumur ini bisa membawa keberuntungan bagi orang yang menggunakannya. Apabila kamu berjalan ke bagian timur istana , kamu akan melihat gua, kolam besar juga stupa Budha yang tenang. Dan masih banyak lagi objek menarik yang bisa kamu lihat di Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk refrensi kamu bisa mengunjungi web kami http://wisataku.net/ untuk mengetahui wisata menarik di Yogyakarta dan sekitarnya.

 


Leave a Reply