Pelni Akan Buka Layanan Ke Pulau Sunda Kelapa

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Selasa (10/1/2017), resmikan pengoperasian kapal punya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) dengan maksud Kepulauan Seribu di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) tengah lakukan pelajari berkaitan penugasan Kementerian Perhubungan untuk menjalankan kapal dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu, termasuk juga mencari kapal yang sesuai sama.

Pelni mempersiapkan KM Express Bahari 3B beserta ketentuan harga tiket perjalanan dengan rute Sunda Kelapa-Pulau Tidung. Peresmian ini dapat di hadiri oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono, serta Direktur Paling utama Pelni Elfien Goentoro.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pengoperasian rute itu adalah system baru pelayaran ke Kepulauan Seribu hingga peristiwa yang seperti pada KM Zahro Express tidak terulang lagi.

” Ini satu usaha kita bikin pelayaran nasional yang baru, service rakyat yang baru. Dalam musibah, ada hikmah. Kami berkemauan untuk bikin system pelayaran yang baru, ” tutur Budi Karya.

Elfien menerangkan dari keadaan pelabuhan, baik itu Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke ataupun Pelabuhan Pulau Tidung.

” Dari semuanya posisi kapal Pelni belum ada yang sesuai sama di Pelabuhan Muara Angke juga di Pelabuhan Pulau Tidung. Pulau Tidung juga sempit serta jalurnya begitu rendah atau dangkal, ” katanya.

Tetapi, Elfien mengakui belum memastikan pembelian kapal yang sesuai sama karna mesti dipesan sesuai sama trayek dimana kapal itu beroperasi.

KM Express Bahari 3B adalah kapal cepat buatan tahun 2005 yang memakai bahan fiber pada tubuh kapal. Kapal ini memiliki kemampuan angkut 208 orang ditambah 6 awak kapal. Jadwal kapal ini beroperasi adalah setiap hari.

Budi Karya mengungkap, yang akan datang ada lima kapal dari Pelni serta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk melayani pelayaran ke Kepulauan Seribu.

” Kali pertama, ini lima kapal. Jadi tiga (kapal) Pelni serta dua (kapal dari) ASDP. Ada yang pergi dari sini (Pelabuhan Sunda Kelapa), ada yang pergi dari (Pelabuhan) Kali Adem, ” tandasnya.

Sebatas info, terkecuali KM Express Bahari 3B, kapal Pelni yang lain yang melayani Kepulauan Seribu yaitu KM Sabuk Nusantara 46 yang sudah dioperasikan mulai sejak akhir 2015.

Pengoperasian Pelni ini dapat adalah penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melayani pelayaran ke Kepulauan Seribu.


Leave a Reply