Sholat Tahajud dan Keutamaannya

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang disyari’atkan ( sunnah mu’akad). Banyak keutamaan – keutamaan yang menjadikan sholat sunnah ini memiliki kebaikan tanpa batas. Meksi begitu bukan berarti sholat lainnya tidak memiliki kebaikan ya, namun sholat tahajud ini memang istimewa, untuk mengerjakannya butuh perjuangan melawan rasa malas dan udara dingin yang mencekik. Hal ini mengingat waktu sholat tahajud adalah pada sepertiga malam.

Waktu sholat tahajud adalah waktu dimana kebanyakan orang tidur lelap bersama hangatnya selimut. Dan Allah memberikan keutamaan – keutamaan yang akan diperoleh hamba-Nya yang taat dan sanggup melawan rasa malas untuk bangun malam, berdiri untuk sholat tahajud lalu bermunajat.

duniaq.com

Keutamaan – Keutamaan Sholat Tahajud

Inilah keutamaan – keutamaan sholat tahajud.

Terkabulnya Doa

Ketika berdoa, maka tidak ada pengharapan lain selain dikabulkannya doa yang telah dimunajatkan. Disinilah keutamaan sholat tahajud, dimana waktu sholat tahajud adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Belum lagi untuk melaksanakannya saja harus berperang dengan rasa malas, sehingga Allah menghadiahkan keutamaan khusus, yakni dengan dikabulkannya doa tersebut.

Allah Mengangkat Derajat

Betapa besar pahala dan keutamaan sholat tahajud, sehingga Allah menjanjikan akan mengangkat derajat seseorang yang ikhlas bangun malam untuk kemudian mengingat-Nya, melalui sholat tahajud.

Hal ini sejalan berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Ath – Thabrani disebutkan bahwa ada tiga manusia yang dicintai Allah, salah satunya adalah laki – laki yang beristri cantik dan mempunyai tempat tidur yang lembut namun Ia memilih untuk bangun dari tidurnya dan mengerjakan sholat malam (sholat tahajud).

Mencegah Perbuatan Dosa dan Kejahatan

Sesuai dengan apa yang terkandung dalam surat al – Fatihah, surat yang selalu kita ulang – ulang dalam setiap sholat apapun, yakni berada di jalan yang lurus adalah doa yang secara tidak langsung selalu kita panjatkan kepada Allah.

Sebab pengertian taqwa adalah menaati perintah – Nya dan menjauhi larangan – Nya. Sehingga ketika seseorang ikhlas mengerjakan sholat tahajud, maka Ia termasuk hamba yang bertaqwa. Dengan begitu, Ia tentulah enggan untuk berbuat dosa apalagi kejahatan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Waktu sholat tahajud adalah sepertiga malam, dimana ketika seseorang bangun di waktu tersebut maka kesempatan untuk menghirup udara yang segar sangatlah besar. Itu artinya paru – paru akan lebih sehat karena udara yang dihirup masih bersih dan menyegarkan. Pernapasan juga akan semakin terjaga karena mendapatkan asupan oksigen yang masih bersih.

Demikian tadi keutamaan – keutamaan sholat tahajud, semoga bisa memberi manfaat bagi semua ya. Aamiin


Leave a Reply