Penjelasan Seputar Metode Belajar Membaca Al Quran

belajar membaca alquran

Belajar membaca al-quran bagi orang yang pemula memang terbilang amat susah apabila di lakukan. Tapi jikalau ada kemauan yang kuat dan solusi yang pas, segala dilemma hal yang demikian dapat di atas. hal yang di lakukan yakni dengan mengetahui huruf-huruf hijaiyah. Huruf ini pada dasarnya gampang untuk di hafal apabila tak malas berlatih. Untuk Anda yang belum bisa membaca huruf di Al-Quran, huruf-huruf hal yang demikian memang susah sekali di ingat. Kalau di ibaratkan sama saja pada dikala kita belum dapat membaca huruf latin, yang memandangnya saja telah keder. Namun sekiranya telah bisa membacanya, karenanya kita malahan akan mudah membaca, walau dengan sejenak memandangnya.

 

Beberapa orang memang belum dapat membaca Al-Quran yang di sebabkan oleh sebagian elemen, seperti sibuk dengan aktivitas atau malas jikalau di suruh belajar  dengan guru ngaji privat pada ahlinya yang walhasil akan berpengaruh saat kita telah besar yang buta akan huruf al-quran. Rasa malu bahkan pasti ada apabila kita tak dapat membacanya. Sebagian solusi akan kami jelaskan seputar dasar dalam metode belajar membaca Al-Quran.

 

Sistem Belajar Membaca Al-Quran

 

Pengenalan huruf hijaiyah

Huruf hijiyah merupakan huruf arab yang di gunakan di dalam Al-Quran dengan jumlah 29 huruf. Seluruh huruf ini mesti dapat di hafal di luar kepala, kalua berkeinginan dapat membaca Al-Quran. Ada pengucapannya seperti huruf latin dan ada juga yang berbeda, seperti tsa, kha, dzal dan sebagainya. Kecuali mengetahui dengan huruf hijaiyah secara satu persatu, kita seharusnya juga tahu, bagaimana huruf  bila di sambung dengan huruf hijaiyah lainnya, apakah bisa di sambung atau sebaliknya. Dalam belajar pengucapan huruf hijaiyah, kita seharusnya tahu makhrajnya. Makhraj merupakan daerah keluarnya huruf.

 

Pengenalan pedoman baca

Pedoman baca huruf hijaiyah di katakan sebagai harakat. Dulu tak ada yang namanya petunjuk baca dan pedoman spot dalam huruf hijaiyah, sebab Al-Quran dulunya di tulis tanpa pertanda baca, atau di ucap juga dengan huruf plontos. Seandainya tanpa pertanda baca, apakah tak kebingungan? Bagi yang fasih dalam bahasa arab, hal hal yang demikian tak jadi problem.

Analoginya semacam ini, orang indonesia awam membaca SMS tanpa huruf vokal, tetapi mengerti apa maksudnya. Seumpama seperti berikut.

(“q gk tw km lg dmn”)

Anda pasti tahu artinya apa, tapi bagi orang luar yang baru belajar Indonesia pasti belum tahu bagaimana metode membacanya.

Terkait dengan banyaknya pemeluk islam yang bukan dari bangsa Arab dan di cemaskan terjadi kekeliruan dalam memahami isi Al-Quran, alhasil  di buatlah petunjuk-petunjuk baca yang hingga kini masih berlaku.

 

Tajwid

Kecuali pedoman baca, tajwid bahkan juga semestinya tahu dan di pahami dalam metode membaca Al-Quran. Tajwid yaitu ilmu membaca Al-Quran dengan benar dan bagus. Bila dalam bahasa inggris, ibaratnya ini grammar. Nah, grammar dalam bahasa Arab ada jenisnya. Ada yang namanya idzhar, ikhfa, idgham, iqlab, qalqalah dan lain-lain.

 

Latihan

Agar membaca Al-Quran itu lancar, tentu saja sepatutnya di latih dan jangan lupa tajwidnya mesti benar. Seandainya telah bisa membaca Al-Quran, tentu saja lebih mudahdalam menghafalkannya. Akan baik lagi jikalau penerjemahannya di pelajari. Untuk siapa itu, yang berkeinginan benar-benar belajar membaca Al-Quran, kalian bisa mencoba sebagian metode seperti yang di jelaskan


Leave a Reply