Cara Mencegah Kanker Hati

Mencegah kanker hati beberapa besar difokuskan pada usaha untuk menghindar serta menyembuhkan infeksi hepatitis B atau C. Ini karna diprediksikan sampai 80% masalah kanker hati primer di semua dunia dikarenakan oleh ke-2 type infeksi itu. Diluar itu, ada beberapa cara menghindar kanker hati beda yang efisien turunkan resiko penyakit ini.Ace Maxs

Cara Mencegah Kanker Hati

Anda dapat turunkan resiko menanggung derita kanker hati dengan menggerakkan pola hidup sehat, umpamanya dengan rajin berolahraga, kontrol berat tubuh, serta alur makan sehat dengan membatasi mengkonsumsi alkohol. Untuk lebih detilnya, mari kita bahas satu per satu beberapa langkah mencegah kanker hati.Ace Max

1. Hindari serta Menangani Infeksi Hepatitis

Di semua dunia, aspek resiko yang paling punya pengaruh atas kanker hati adalah infeksi kritis karena virus hepatitis B (HBV) serta virus hepatitis C (HCV). Virus ini dapat menebar dari orang ke orang lewat sharing jarum suntik (umpamanya waktu konsumsi obat terlarang) serta lewat sex tanpa ada pengaman. Karenanya, kanker ini dapat dihindari dengan tidak sharing jarum suntik serta lakukan sex yang aman (memakai kondom).

Ada vaksin untuk menolong mencegah kanker hati yang dipicu oleh infeksi HBV. Instansi US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan supaya semuanya anak-anak, juga orang dewasa yang berisiko, memperoleh vaksin ini untuk turunkan resiko hepatitis dan kanker hati.

Tidak ada vaksin untuk HCV. Menghindar infeksi HCV, juga infeksi HBV pada seorang yang belum juga divaksin, butuh didasarkan atas peluangnya seorang memperoleh infeksi. Virus-virus ini dapat menebar lewat jarum suntik, sex tanpa ada pengaman, serta lewat sistem melahirkan.

Transfusi darah sempat jadi satu diantara sumber penebaran infeksi hepatitis. Namun bank penyimpanan darah di beberapa negara saat ini sudah mengecek darah yang didonorkan, hingga kurangi resiko penyebaran infeksi hepatitis dari transfusi darah. Meskipun demikian tetaplah ada resiko dari transfusi darah.

Beberapa orang yang berisiko tinggi HBV atau HCV mesti di check untuk infeksi-infeksi ini supaya mereka dapat memonitor peluang mengembangnya penyakit hati, serta diatasi bila sangat mungkin.

Menurut CDC, Anda ada pada resiko untuk menanggung derita hepatitis B bila Anda :

Terkait sex dengan seorang yang terinfeksi
Miliki lebih dari satu pasangan seks
Mempunyai penyakit menyebar seksual
Seseorang pria yang terkait sex dengan pria
Konsumsi obat suntik
Hidup dengan pasien HBV kronis
Melancong ke negara dengan adanya banyak pasien HBV
Seringkali terserang darah karna tuntutan pekerjaan
Melakukan hemodialisis (bersihkan darah) periode panjang

Seseorang bayi yang dilahirkan oleh ibu yang menanggung derita HBV juga ada pada resiko untuk terinfeksi.

Instansi CDC menyarankan Anda untuk check HCV bila mempunyai beberapa keadaan berikut ini :

Sempat menyuntikkan narkoba atau obat beda (bahkan juga bila cuma sekali atau telah lama)
Memerlukan obat untuk problem pembekuan darah sebelumnya th. 1987
Terima transfusi darah atau transplantasi organ
Melakukan hemodialisis (bersihkan darah) periode panjang
Terinfeksi HIV

Penyembuhan infeksi HCV kritis mampu menyembuhkan serta menyingkirkan virus pada banyak pasien. Beberapa obat dipakai untuk menyembuhkan HBV kritis. Obat ini kurangi jumlah virus dalam darah dan kurangi rusaknya pada hati. Meskipun obat-obatan tidak dapat mengobati penyakit ini, tetapi mereka mampu turunkan resiko sirosis hati serta mungkin saja juga mengecilkan resiko kanker hati Anda.


Leave a Reply