Cara Ampuh Atasi Saluran Air Mampet

Penyebab saluran air mampet yaitu adanya kotoran kecil, lumut, dan lain – lain yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air.

Dampak yang parah saluran pembuangan mampet bisa berupa meluapnya air kotor dan menimbulkan bau yang tidak enak. Untuk mengatasi saluran air mampet dapat diatasi dengan cara yang ampuh dengan bahan yang mudah didapat.

Cara Ampuh Atasi Saluran Air Mampet

Jangan pernah menunda – nunda untuk memperbaiki saluran air yang mampet jika tidak ingin mendapat resiko yang lebih parah. Berikut cara ampuh atasi saluran air mampet:

  1. Pasir kasar

Untuk metode yang satu ini dapat dilakukan jika saluran air bersih yang mampet. Langkah pertama Anda harus matikan aliran air, setelah itu potong pipa yang berada di area terjauh dari toren, seperti keran bagian depan rumah. Selanjutnya potong keran tersebut keran ini adalah tempat keluarnya kotoran.

Lalu masukkan pasir kasar ke dalam saluran air, dan masukkan selang kompresor dengan tekanan tinggi dan tutup lubang dengan rapat. Setelah itu, buka aliran udara dari kompresor. Jika cara ini berhasil maka lumut dan kotoran kecil akan hancur.

  1. Jus lemon

Campuran jus lemon dan baking soda juga bisa mengatasi saluran air mampet secara ampuh, yaitu dengan cara menuangkan campuran baking soda dan jus lemon ke dalam pipa pembuangan saluran air mampet.

Setelah dimasukkan ke dalam pipa, lalu diamkan selama 30 menit, selanjutnya setelah didiamkan dan taburkan baking soda.

Lalu tinggalkan semalaman dan esok harinya bilas saluran pembuangan air dengan air panas. Setelah itu, coba bilas dengan air biasa sampai tidak ada genangan air.

  1. Penyumbat buatan

Jika Anda selesai mandi, tunggu kira-kira 10 menit sampai air perlahan mengalir ke saluran air, lalu ambil alat dan angkat saringan penutup saluran dengan alat tersebut.

Setelah itu, gunakan senter untuk melihat ke dalam saluran air, jika sumbatan disebabkan oleh rambut ambillah dengan tangan apabila jaraknya dekat. Jika jauh ambil menggunakan kawat yang panjang atau jika tidak mampu, sebaiknya panggil tukang ledeng atau jasa sedot WC Tangerang Selatan.

Alangkah baiknya hal ini tidak terjadi, jika Anda melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak ada saluran air yang mampet. Tips di atas merupakan cara mengatasi saluran air mampet dengan mudah dan praktis.