Kegiatan Sehari – Hari yang Bisa Mengurangi Pencemaran Udara

Selain pencemaran limbah air dan juga pencemaran limbah padat ada juga yang namanya pencemaran udara. Saat ini pencemaran udara memang menjadi isu yang juga banyak diperbincangkan oleh masyarakat dunia.

Sudah banyak pencemaran udara yang terjadi dimana – mana. Kendaraan yang banyak pada suatu negara juga menjadi salah satu penyebab kenapa udara menjadi tercemar. Kegiatan industri yang terus membuang limbah ke udara juga menjadi penyebab udara menjadi tercemar.

Nah maka dari itu, di sini kami akan berikan beberapa tips kegiatan sehari – hari yang bisa membantu mengurangi yang namanya pencemaran udara :

  1. Jalan kaki dan bersepeda

Kita sudah tahu bahwa salah satu penyebab udara menjadi tercemar adalah karena asap kendaraan yang begitu banyak.

Zat karbon monoksida yang dilepaskan oleh suatu kendaraan jelas membuat udara menjadi kotor dan tentu tidak sehat untuk sampai terhirup oleh manusia.

Nah maka dari itu, kita memang harus membiasakan diri untuk terbiasa berjalan kaki atau setidaknya lebih baik menggunakan kendaraan umum.

Nah jika ingin lebih sehat lagi, usahakan sebaiknya kita menggunakan sepeda apabila memang kantor, atau kampus, atau sekolah kita dekat. Dengan begitu penggunaan kendaraan di jalanan pun bisa berkurang.

  1. Kurangi atau berhenti merokok

Merokok adalah salah satu contoh yang menyebabkan polusi udara. Nah jika memang bisa, sebaiknya rokok memang dikurangi karena banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan oleh rokok itu sendiri.

Gas residu yang ada pada rokok juga bukan hanya mencemari lewat udara, tapi juga bisa menempel pada benda yang ada di sekitarnya misalnya pada kain, pada karpet, pada pakaian, dsb. Sehingga zat ini juga bisa meracuni mereka – mereka yang juga tidak ikut merokok sekalipun.

  1. Hematlah menggunakan listrik

Tahukah kamu bahwa listrik dibangkitkan menggunakan batu bara? Dan beberapa pembangkit listrik lainnya pun tetap saja akan menggunakan bahan bakar untuk menjalankan pembangkitnya.

Dan di sini sudah jelas akan ada asap yang dihasilkan dan tentu udara pun bisa ikut tercemar karena ini. Makanya, berhemat listrik adalah salah satu yang tentunya juga bisa ikut mengurangi pencemaran udara.

Itulah beberapa hal yang bisa diterapkan oleh kita pada kehidupan sehari – hari agar udara bisa terhindar dari pencemaran.